Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog

des-lettres

des-lettres

des-lettres


Mengenal Aneka Jenis Coklat

Posted by admin on October 22 2019, 18:04pm

Aneka jenis coklat sangat bervariasi bergantung pada beberapa banyak pasta dan lemak yang digunakan serta bahan bahan lain yang ditambahkan. Perbedaan tiap aneka jenis coklat pada formulasi inilah yang menyebabkan perbedaaan rasa, flavour dan perbedaan perilaku coklat terhadap panas dan air sehingga menimbulkan perbedaan pada pengolahannya serta pemanfaatannya dibidang boga.

Berikut ini merupakan contoh beberapa aneka jenis coklat diantaranya :

1. Conventure

Merupakan jenis coklat terbaik yang amat murni dengan kandungan  lemak kakao yang tinggi oleh karena itu dapat menghasilkan warna yang mengkilap, cita rasa yang enak dan kualitas terbaik. Pada umumnya coklat jenis ini baik digunakan untuk pembuatan produk coklat buatan tangan.

2. Coklat putih

Merupakan jenis coklat yang terbuat dari beberapa campuran coklat antara lain, gula vanila dan susu. Coklat jenis ini tidak mengandung massa isolid, cita rasa coklat jenis ini dihasilkan dari lemak coklat. Pada pemanfaatanya coklat putih selain untuk dikonsumsi juga baik digunakan untuk dekorasi.

3. Cocoa powder / Coklat Bubuk

Proses pembuatan coklat powder atau coklat bubuk yaitu terbuat dari pasta coklat yang sebagian lemaknya telah dikeluarkaan.  Khrakteristik produk coklat bubuk ini mudah menyerap uap air dan bau sehingga pada proses penyimpanannya harus disimpan pada tempat yang kering dan tertutup.

4. Milk chocolate / Coklat Susu

Merupakan jenis coklat yang terkenal  karena dapat langsung dikonsumsi. Proses pembuatan jenis coklat ini dengan menggunakan pasta coklat dan dengan menggunakan bahan tambahan seperti lemak coklat, gula, vanila dan susu. Pada pemanfaatnya bila coklat ini dilelehkan maka akan mudah hangus atau gosong.

5. Plain atau baking chocolate

Merupakan coklat dengan rasa yang khas coklat. Proses pembuatan jenis coklat ini yaitu terdiri dari pasta coklat yang sudah dingin kemudian dikeraskan dan tanpa menggunakan bahan tambahan gula. Pada pemanfaatannya coklat jenis ini ini banyak digunakan Mafia Harga sebagai bahan atau komposisi suatu produk dan sebagai garnish / hiasan di bidang boga.

To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post

Blog archives

We are social!

Recent posts